Pekalongan Punya Laboratorium Kurangi Kemiskinan

Pekalongan Punya Laboratorium Kurangi Kemiskinan

Snapa - 2019-10-11 12:57:48

Laboratorium yang ini jangan dibayangkan sebagai ruangan dengan banyak tabung-tabung percobaan atau peralatan-peralatan kimia. Laboratorium ini adalah tiga desa yang menadi model laboratorium penanganan kemiskinan di Kabupaten Pekalongan. Desa tersebut antara lain adalah Desa Botosari Kecamatan Paninggaran sebagai model desa miskin pegunungan, Desa Kertijayan Kecamatan Buaran sebagai desa miskin kota, dan Desa Mulyorejo Kecamatan Tirto sebagai desa miskin kawasan pantai. Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menyebutkan, pihaknya membuat laboratorium penanganan kemiskinan agar kelak bisa ditemukan role model penanganan yang paling baik agar bisa mengakselerasi program pengentasan kemiskinan di daerahnya.

 

Dari data yang ada, angka kemiskinan di Kabupaten Pekalongan masih tergolong tinggi. Pada awal tahun 2017, angka kemiskinan di Kabupaten Pekalongan tercatat sebesat 12,98 persen. Sedangkan pada tahun 2018, berhasil diturunkan menjadi 12,61 persen. Untuk pelaksanaan program ini, Pemkab menggandeng kalangan dunia usaha dalam bentuk Forum Corporate Social Responsibility (CSR), kalangan perguruan tinggi dan masyarakat. Diharapkan kerjasama yang terjalin diantara mereka ini akan dioptimalkan untuk menanggulangi kemiskinan di tiga desa yang menjadi laboratorium kemiskinan di Kabupaten Pekalongan sehingga model ini nanti diharapkan bisa direplikasi kepada desa-desa lainnya.

 

Selengkapnya baca:

https://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/18/12/13/pjo5n5368-pekalongan-bentuk-laboratorium-penanganan-kemiskinan

Sumber foto: suaramerdeka.com/Nur Khaerudin

bagikan halaman ini

Video Animasi SEPAKAT

SEPAKAT Adalah Perangkat Untuk Melakukan Diagnosis Secara Mandiri, Untuk Memperoleh Solusi Pengentasan...

membangun desa mengentaskan kemiskinan

Supporting the Coordinating Ministry of Human Development and Culture in collaboration with Ministry of...